oleh

Pergerakan Dolar AS Sepekan Pasca Demo Mahasiswa

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Nilai tukar  Dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 14.165. Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (30/9/19).

Posisi dolar AS pagi ini tercatat menguat dibanding posisi Minggu (29/9/19), yang ada di level Rp 14.160. Mata uang Paman Sam bahkan sempat menyentuh level Rp 14.175 hari ini.

Baca juga; Pasca Demo, Gerbang Utama Gedung DPR RI Rusak Parah

Pergerakan dolar AS selama sepekan terakhir cenderung terus menguat. Pada Minggu (22/9/19), nilai tukar dolar AS berada di level 14.040, dan terus menguat setelah gelombang aksi unjuk rasa mahasiswa di berbagai daerah sejak Senin (23/9/19).

Dalam tujuh hari terakhir, dolar AS tercatat bergerak di rentang Rp 14.040 hingga 14.185. Mata uang Paman Sam sempat turun ke Rp 14.120 pada Sabtu (28/9/19), namun kembali naik pada pagi ini ke level Rp 14.165.

Dari data RTI, dolar AS pagi ini berada di level Rp 14.173 atau menguat delapan poin (0,06%). Dolar AS tercatat menguat terhadap dolar Selandia Baru, dolar Australia, dan euro.

Baca juga: Pemerintah dan DPR Sepakat Tunda Pengesahan RUU

Sementara rupiah pagi ini takluk terhadap won Korsel, peso Filipina, dan baht Thailand. Mata uang yang berhasil diungguli pagi ini adalah dolar Selandia Baru, dolar Taiwan, dan riyal Saudi.

Ramai Aplikasi Transfer Antar Bank Bebas Biaya, Amankah?

Hasil gambar untuk ilustrasi aplikasi transaksi transfer uang  online

Belakangan ini mulai ramai aplikasi jasa transfer uang antar bank yang berbeda. Itu memang hal biasa, yang menarik adalah mereka menawarkan layanan itu tanpa biaya.Padahal untuk melakukan transfer uang antar bank yang menggunakan jalur biasa pasti dikenakan biaya. Apakah aman?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menjelaskan, BI memang mengatur terkait biaya transfer dana antar bank. BI menetapkan maksimal biaya transfer, tapi untuk minimalnya tidak diatur atau dengan kata lain bisa bebas tanpa biaya.

Baca juga: Bamsoet Jenguk Mahasiswa Korban Kekerasan Pasca Demo DPR

“Masalah biaya ada maksimalnya, kalau bebas biaya tidak diatur,” ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (30/9/19).

Meski begitu, Onny menambahkan bahwa usaha transfer dana melalui aplikasi memerlukan izin dari BI. Saat mengajukan izin, salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah standarisasi keamanan.

Dengan kata lain, BI menyatakan bahwa transfer uang antar bank melalui aplikasi pihak ketiga terbilang aman. Asalkan memilih badan usaha yang sudah memiliki izin dari BI.

“Yang penting pilih yang berizin. Karena yang berizin itu ada aturan-aturan dan diawasi otoritas,” Ujarnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of