oleh

Polisi Telusuri Rekening Tersangka Veronica Koman

JAKARTA,SENAYANEWS.com – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyempurnakan hasil penelusuran kepemilikan rekening atas nama Veronica Koman. Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka insiden rusuh asrama mahasiswa Papua di Surabaya, pertengahan Agustus lalu.

“Dalam proses pemeriksaan hari ini kami akan memanggil tiga saksi dalam rangka penyempurnaan proses penyidikan. Saksi tersebut untuk pendalaman untuk saksi dari tersangka Veronica untuk penyempurnaan penyidikan. Walaupun, sebelumnya kami telah punya tiga saksi untuk Veronica.” kata Luki di Mapolda Jatim, Jumat (13/09/19).

Usai melacak dua rekening milik Veronica Koman, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan memastikan ada enam rekening tambahan, sehingga total ada delapan rekening milik Veronica yang didalami kepolisian.

Baca juga: Terkait Masalah Papua Dan Papua Barat: Ma’ruf Amin Bertemu Para pendeta

“Kepemilikan rekening bank ini masih didalami terus,” kata Luki di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (13/09/19).

Dari pendalaman tentang rekening, polisi menemukan fakta jika Veronica Koman adalah mahasiswa pascasarjana penerima beasiswa pada umumnya.

“Yang bersangkutan tidak pernah melaporkan aktivitasnya,” lanjut Luki.

Luki menambahkan, bahwa transaksi atau arus keluar masuk dari rekening-rekening tersebut jumlahnya cukup besar bagi seorang mahasiswa S2 seperti Veronica. Terlacak pula penarikan-penarikan dana yang dilakukan di sejumlah daerah konflik. Namun Luki enggan membeberkan berapa detil jumlahnya.

Baca juga: Polda Jatim Periksa 21 Saksi Terkait Rasis Kepada Mahasiswa Papua

“Ada yang masuk cukup besar sebagai seorang mahasiswa ini kayaknya enggak masuk akal, dan itu ada penarikan di beberapa wilayah di konflik. Cukup besar,” paparnya.

Sementara hingga kini, Luki menyayangkan tidak adanya komunikasi dari pihak Veronica. Menurut Luki, Veronica masih bisa melakukan upaya hukum. Terlebih, Luki menyebut Veronica memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum.

Terhadap Kasus itu, Penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka. Dia dijerat dijerat sejumlah pasal di 4 Undang-Undang, pertama UU ITE, UU 1 tahun 46, UU KUHP pasal 160, dan UU 40 tahun 2008.

7
Leave a Reply

avatar
7 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menekankan pentingnya penguasaan teknologi di era sekarang ini. Pesan itu lah yang dia ingat dari Almarhum BJ Habibie. Presiden ke-3 RI itu selalu mengingatkan pentingnya penguasaan teknologi. […]

trackback

[…] Baca juga: Polisi Telusuri Rekening Tersangka Veronica Koman […]

trackback

… [Trackback]

[…] Find More Info here on that Topic: senayanews.com/2019/09/polisi-telusuri-rekening-tersangkaveronica-koman/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] There you can find 21572 more Information to that Topic: senayanews.com/2019/09/polisi-telusuri-rekening-tersangkaveronica-koman/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Find More to that Topic: senayanews.com/2019/09/polisi-telusuri-rekening-tersangkaveronica-koman/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Info to that Topic: senayanews.com/2019/09/polisi-telusuri-rekening-tersangkaveronica-koman/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Find More on that Topic: senayanews.com/2019/09/polisi-telusuri-rekening-tersangkaveronica-koman/ […]