oleh

Presiden Rencana Bangun Istana di Papua: Fahri Hamzah Dan Habiburokhman sepakat

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sepakat soal rencana Presiden Joko Widodo membangun Istana Presiden di Papua. Menurutnya, kehadiran negara secara simbolik di Papua merupakan hal penting.

“Papua sangat penting sekali ada kehadiran fisik. Jadi dengan dibukanya Istana di Papua itu ya, menurut saya itu kehadiran simbolik yang baik sekali, bagus sekali,” kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/09/19).

Fahri mengatakan pemerintah harus mulai memperhatikan kawasan Asia Pasifik. Ia menjelaskan Papua merupakan representasi Indonesia di kawasan timur.

Baca juga: Alumni UIN Jakarta Bikin Petisi Tolak Revisi UU KPK!

Hal ini senada yang diungkapan oleh Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman, menurut Habiburokhman, rencana Presiden Joko Widodo membangun Istana Negara di Papua akan membuat perhatian negara ke Papua menjadi lebih intensif.

“Kita dukung saja karena memang wajar kalau kita punya Istana di Papua, agar bisa lebih intensif lagi kita perhatikan Papua,” ujar Habiburokhman saat dikonfirmasi, Selasa kemarin (10/09/19).

Menurutnya, gejolak yang terjadi di Papua dalam beberapa waktu lalu disebabkan langkah-langkah yang terlalu biasa terhadap Papua.

Baca juga: Presiden Janjikan 1000 Sarjana Papua Akan Bekerja di BUMN dan Perusahaan Besar

“Perlu dengar baik-baik aspirasi seluruh elemen masyarakat Papua, apa yang menurut mereka mendesak untuk dilakukan,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah bakal membangun Istana Kepresidenan di Papua. Hal ini dikatakan Jokowi merespons 10 tuntutan tokoh Papua dalam pertemuan di Istana Negara, Selasa kemarin, (10/09/19).

Jokowi mengatakan pembangunan Istana Kepresidenan di Papua terbilang tidak mudah. Selain anggaran, pembangunannya juga terkendala soal lahan.

“Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektar, gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini, de facto sudah diserahkan, saya diskusi dulu dengan para menteri,” ujar Jokowi.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of