oleh

Proyek Pertama di Ibu Kota Baru Istana Presiden, Dibangun 2020

SENAYANEWS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan proyek perdana di lokasi ibu kota baru nanti adalah pembangunan istana presiden. Menurut Bambang, konstruksi perdana tersebut dimulai pada 2020 nanti.

Informasi itu disampaikan Bambang usai menghadiri Rapat Teknis Nasional (Rateknas) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten/Kota 2019 di Hotel Alana di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Alumni UIN Jakarta Bikin Petisi Tolak Revisi UU KPK!

“Pembangunan (ibu kota negara di Kaltim) mulai 2020 konstruksinya, dan kemudian kita harapkan awal 2024 paling lambat sudah mulai proses pemindahannya,” kata Bambang kepada wartawan, Rabu (11/9/19).

Selain istana presiden, proyek selanjutnya setelah istana ada rumah ibadah hingga kantor-kantor pemerintah dan gedung DPR/MPR.

“Yang pertama kali dibangun ya pasti istana, kemudian tempat ibadah, masjid. Kemudian yang tidak kalah penting kantor pemerintahan, kementerian dan parlemen, DPR, dan perumahan penunjang,” sebutnya.

Parahnya Kondisi Jakarta Sampai Bikin Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Jakarta tak bisa lagi dipaksakan untuk menjadi ibu kota negara. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) mengungkapkan kondisi Jakarta yang mengkhawatirkan.

Pemindahan ibu kota akan menggunakan dana sebesar Rp 466 triliun. Kementerian PPN/Bappenas bakal menghitung lagi kebutuhan anggaran membangun ibu kota baru negara di Kalimantan Timur (Kaltim). Berikut ini informasi selengkapnya:

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, populasi penduduk di Jakarta dan sekitarnya sudah tak terkendali.

Baca Juga : Jokowi: Tahun Depan Istana Presiden di Papua Mulai Dibangun

“Jakarta sudah tidak lagi menjamin, kota metropolitan, sistem perkembangan populasi tidak terkendali,” kata dia dalam acara diskusi dengan pakar dunia membahas pemindahan ibu kota, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/9/9).

Bahkan Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota terpadat di dunia. Pada tahun 2013 Jakarta adalah kota terpadat ke 10 dunia dan sekarang berada di posisi 9. Kepadatan Jakarta sendiri tercatat 15.000 jiwa per kilometer di 2017.

Kemacetan, polusi udara, hingga masalah kesehatan menjadi satu-kesatuan yang tak terpisahkan di Jakarta. Itu turut mengganggu produktivitas masyarakatnya, dan menghambat koordinasi dan komunikasi antar lembaga pemerintah.

Jakarta dan kawasan sekitarnya, yaitu Jabodetabek pun dihantui sejumlah permasalahan mulai dari polusi, banjir.

Baca Juga : Presiden Teken Aturan, Usia 40 Dan K2 Usia 35 Bisa Jadi PNS


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of