oleh

Rektor IAIN Kendari: Pemecatan Hikma Sanggala Sesuai Dengan Prosedur

KENDARI, SENAYANEWS.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melakukan pemberhentian dengan tidak hormat kepada mahasiswanya yang bernama Hikma Sanggala. Keputusan ini diambil karena Hikma melanggar etik dan tata tertib kampus terkait penyebaran paham khilafah dan menghina kampus dan pimpinan kampus.

“Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd menegaskan bahwa pemecatan tersebut telah sesuai dengan prosedur akademik yang berlaku di lingkungan IAIN Kendari,” demikian pernyataan pihak IAIN Kendari seperti dikutip dari situs resminya, Kamis (19/09/19).

Terkait pemecatan mahasiswa itu, Pengacara Hikma dari LBH Pelita Umat, Chandra Purna Irawan, mengatakan kliennya dikeluarkan karena dituding berafiliasi dengan aliran sesat dan paham radikalisme.

Baca juga: MPK-PB HMI: Pimpinan Sadam Al Jihad Adalah Hasil Mandataris Kongres Ambon

Ia menjelaskan, pada (27/08/19 lalu, kliennya menerima dua surat sekaligus yaitu surat dari Dewan Kehormatan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa nomor: 003/DK/VIII/2019 tentang Usulan Penjatuhan Terhadap Pelanggaran Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa IAIN Kendari.

Kemudian pada surat kedua yakni Keputusan Rektor IAIN Kendari Nomor 0653 Tahun 2019 Tentang Pemberhentian Dengan Tidak Hormat Sebagai Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari.

“Di antara yang menjadi dasar pemberhentian tersebut yaitu berafiliasi dengan aliran sesat dan paham radikalisme yang bertentangan dengan ajaran Islam dan nilai-nilai kebangsaan dan terbukti sebagai anggota, pengurus dan/atau kader organisasi terlarang oleh Pemerintah,” ujarnya di Kendari, Selasa lalu(03/09/19).

Baca juga: Ketum PB HMI Adakan Konfresi Pres Terkait Konflik PB HMI

Namun, menurut Pihak Kampus IAIN Kendari, Bahwa; Pengambilan keputusan IAIN Kendari ini didasarkan pada empat poin pertimbangan.

Poin tersebut di antaranya untuk menjaga marwah institusi dan mewujudkan kampus yang kondusif dan bebas dari paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, mahasiswa bersangkutan pernah mendapatkan skorsing selama satu semester karena melanggar peraturan rektor tentang kode etik dan tata tertib mahasiswa.

Pihak IAIN Kendari juga menegaskan, keputusan ini juga memperhatikan surat Dewan Kehormatan (DK) tentang penjatuhan sanksi kode etik dan tata tertib mahasiswa kepada Hikma. Keputusan ini juga didasarkan pada surat Senat Ex Officio.

“Berdasarkan kajian Dewan Kehormatan, Hikma Sanggala terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan tata tertib. DK menyertakan bukti bahwa Hikma Sanggala berafiliasi dengan paham yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan serta menyebarkan ideologi yang bertentangan dengan pancasila.”Paparnya.

Lebih lanjut, Hikma Sanggala juga terbukti menjadi pengurus dan atau kader organisasi yang menyebarkan ajaran bertentangan dengan pancasila. Bukti-bukti yang dikumpulkan oleh DK menyatakan bahwa Hikma masih menyebarkan ideologi tersebut kepada mahasiswa IAIN Kendari baik melalui tatap muka maupun media sosial,” Tegasnya.

Sementara itu, seperti dilansir Pada Wartawan, Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad, mengatakan pemecatan terhadap Hikma karena mahasiswa tersebut diduga menyebarkan paham khilafah. Faizah mengklaim Hikma sering mengunggah cacian terhadap Pancasila. Ia juga diklaim Faizah pernah mengancam meratakan IAIN Kendari dan mengganti Pancasila dengan ideologi yang ia yakini.

“Saya tidak tersinggung karena rektornya dikata-katain, tapi saya terpanggil bahwa bangsa ini, Pancasila akan diganti dengan ideologi khilafah,” kata Faizah di DoubleTree Hilton Hotel, Jakarta, Rabu bulan lalu (18/08/19). Melalui keterangannya pada wartawan.

5
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

… [Trackback]

[…] Find More Info here on that Topic: senayanews.com/2019/09/rektor-iain-kendari-pemecatan-hikma-sanggala-sesuai-dengan-prosedur/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Read More here to that Topic: senayanews.com/2019/09/rektor-iain-kendari-pemecatan-hikma-sanggala-sesuai-dengan-prosedur/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Find More on that Topic: senayanews.com/2019/09/rektor-iain-kendari-pemecatan-hikma-sanggala-sesuai-dengan-prosedur/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Info on that Topic: senayanews.com/2019/09/rektor-iain-kendari-pemecatan-hikma-sanggala-sesuai-dengan-prosedur/ […]

trackback

… [Trackback]

[…] Read More to that Topic: senayanews.com/2019/09/rektor-iain-kendari-pemecatan-hikma-sanggala-sesuai-dengan-prosedur/ […]