oleh

Sejarah KUHP: Dari Roma ke Prancis, Lalu ke Belanda hingga Tiba di Indonesia

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Dalam hitungan hari, DPR akan mengesahkan RUU KUHP menjadi KUHP baru menggusur UU peninggalan Belanda. KUHP baru diharapkan mengusung semangat ke-Indonesia-an seperti pemberlakuan lagi hukum adat.

Berdasarkan naskah akademik RUU KUHP yang dikutip senayanews, Senin (2/9/19), KUHP bercikal bakal dari sistem hukum Romawi yang berusia ribuan tahun lalu.

Baca jugaKadin Meminta Pengusaha Mendukung Perpindahan Ibu Kota

“Asas legalitas sebelum menjadi bagian dari hukum materil dewasa ini mempunyai sejarah yang panjang. Sejarah asas legalitas ini barangkali dimulai dari hukum Romawi yang diketahui mempengaruhi hukum di Eropa Kontinental,” demikian bunyi Naskah Akademik RUU KUHP.

Sejarah hukum pidana Indonesia sebagaimana semula adalah merupakan Code Napoleon Perancis tahun 1810. Prancis kemudian menjajah Belanda dan memberlakukan KUHP. Kolononisasi kemudian berlaku di Belanda. Negeri Kincir Anin itu memberlakukan KUHP pada tahun 1881 dan dibawa ke Indonesia.

Baca JugaApple Usung Nama iPhone Pro ? untuk Triple Kamera

DPR mengagendakan pengesahan KUHP baru pada 24 September menggantikan KUHP peninggalan penjajah Belanda. Sejumlah pasal menuai kontroversi.

“Insyaallah (RUU KUHP disahkan tanggal 24 September),” kata anggota panja RUU KUHP Arsul Sani.

Berikut pasal-pasal yang perlu dicermati:

1. Kriminalisasi seks di luar nikah
Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda Kategori II.

2. Kriminalisasi Kumpul Kebo
Setiap Orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak Kategori II.

Baca jugaMengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com – Mahasiswa S2 Institut Teknologi Bandung (ITB) asal Sukoharjo, MA (25), meninggal dunia dengan cara gantung diri. Polisi menduga MA mengalami depresi.  […]

trackback

[…] SENAYANEWS.com – Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) Dolly Pulungan, dan Direktur Pemasaran I Kadek Kertha Laksana semalam terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK. […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEW.com – Proyek Tol Trans Sumatera masih berjalan. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi pintu gerbang proyek tol terbesar di Pulau Sumatera. Usai ruas tersebut diresmikan, ruas-ruas lain pun dikebut pengerjaannya. Sampai pada akhirnya di penghujung bulan nanti tol Trans Sumatera akan tembus sampai Kayu Agung. […]