oleh

Sosok Jokowi Mirip Pinokio, Joman Adukan Tempo Pada Dewan Pers

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Relawan Jokowi Mania mendatangi Gedung Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (16/09/19). Mereka memprotes sampul majalah Tempo yang menggambarkan Jokowi dengan bayangan berhidung panjang mirip tokoh Pinokio.

Jumlah relawan yang datang ke Dewan Pers berjumlah belasan orang. Mereka membawa beberapa poster bergambar sampul Tempo yang diprotes tersebut. Salah satu Poster  yang mereka pampangkan bertuliskan “Kami Dukung Kebebasan Pers Tapi Kode Etik Jurnalis Harus Dikedepankan”.

Ketua Relawan Joman Immanuel Ebenezer, juga mempermasalahkan konten berita Majalah Tempo. Menurut dia, isi berita seolah-olah menunjukkan Jokowi tak berpihak pada pemberantasan korupsi dan ingin melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Baca juga: Gudang Garam dan HM Sampoerna, Resah Keputusan Pak Jokowi?

Karena itu, Immanuel dan para relawan menuntut pihak Tempo untuk menarik edisi tersebut. Ia juga meminta Tempo melakukan klarifikasi, dan meminta maaf.

Terkait laporan itu, Redaktur Eksekutif Majalah Tempo Setri Yasra mengatakan bahwa sampul Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 bukan menggambarkan Presiden Joko Widodo sebagai pinokio. “Tempo tidak pernah menghina kepala negara sebagaimana dituduhkan.

“Sampul Majalah Tempo merupakan metafora atas dinamika tadi, yakni tudingan sejumlah pegiat antikorupsi bahwa Presiden ingkar janji dalam penguatan KPK. Tempo telah memuat penjelasan dalam Presiden dalam bentuk wawancara,” kata Setri Yasra.

Anggota Dewan Pers, Hassanein Rais, yang menerima kedatangan JoMan, mengatakan pihaknya akan menerima laporan pengaduan dan bukti yang diajukan JoMan. Hassan mengatakan, rencananya, Dewan Pers akan memanggil kedua pihak pada Senin (23/09/19) pekan depan.

Baca juga: Permintaan HIPMI ke Jokowi: Menteri Baru Harus Pro Pengusaha

“Jadi kami telah menerima aduan dari tim JoMan terkait cover Majalah Tempo yang background-nya siluet adalah Pinokio, nanti kami bahas internal dulu. Insyaallah minggu depan kami akan lakukan mediasi, hasil bagaimana, situasi tergantung nanti dari Tempo-nya gimana,” kata Hassan.

“Bukti belum kita terima, pengaduan belum diterima, tadi baru lisan saja, yang diadukan lebih cover aja. Jadi minggu depan baru kita panggil para pihak keduanya,” imbuhnya.

Majalah Tempo menjelaskan soal produk jurnalistiknya itu. Majalah Tempo menegaskan tak pernah bermaksud menghina kepala negara.

Setri menjelaskan Tempo tidak bermaksud menghina Jokowi selaku kepala negara seperti yang dituduhkan. Lagi pula, kata Setri, yang tergambar dalam sampul Majalah Tempo itu adalah bayangan Pinokio dan tidak mengubah gambar pada Jokowi.

“Tempo tidak berniat menggambarkan Presiden sebagai Pinokio. Yang tergambar adalah bayangan Pinokio,” katanya.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Utang luar negeri Indonesia periode Juli 2019 tercatat mengalami kenaikan. Berdasarkan data statistik ULN Indonesia yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) ULN tercatat naik hingga 10% […]

trackback

[…] Baca juga: Sosok Jokowi Mirip Pinokio, Joman Adukan Tempo Pada Dewan Pers […]

trackback

[…] Baca juga: Sosok Jokowi Mirip Pinokio, Joman Adukan Tempo Pada Dewan Pers […]