oleh

Sudah Sampai Mana Pembangunan Tol Trans Sumatera?

JAKARTA, SENAYANEW.com – Proyek Tol Trans Sumatera masih berjalan. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi pintu gerbang proyek tol terbesar di Pulau Sumatera. Usai ruas tersebut diresmikan, ruas-ruas lain pun dikebut pengerjaannya. Sampai pada akhirnya di penghujung bulan nanti tol Trans Sumatera akan tembus sampai Kayu Agung.

Selain itu, beberapa luas lain pun akan selesai pembangunannya dan bisa dipakai akhir tahun ini. Apa saja? Simak jawabannya.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan akhir bulan ini jalan tol trans sumatera akan dioperasikan sampai Kayu Agung. Dengan begitu, ruas yang akan beroperasi nanti ialah Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Baca Juga : Perang Dagang Kian Tekan Ekonomi China, Siapa yang untung?

“Terbanggi Besar ke Pematang Panggang dan Pematang Panggang menuju Kayu Agung akan selesai. Akhir September, semua sampai Palembang bisa diselesaikan, dan dioperasikan seutuhnya,” kata Bintang di Kantor Kementerian BUMN, kamis (5/9/19).

Ruas tersebut terbagi dua seksi, Terbanggi Besar-Pematang Panggang akan terhubung sepanjang 100 km. Sementara itu, Pematang Panggang hingga Kayu Agung melintang sepanjang 85 km.

Untuk informasi, musim mudik lebaran kemarin ruas ini sudah difungsikan secara fungsional. Rencananya, akhir bulan ini akan dijadikan operasional.

“Kemarin sampai Lebaran, sudah dipakai pulang mudik Terbanggi ke Kayu Agung, secara fungsional,” kata Bintang.

sementara itu Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya Agung Fajarwanto menjelaskan ruas tersebut sudah diuji kelaikan oleh tim gabungan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian. Namun ada beberapa catatan yang harus disempurnakan pihaknya, dia menegaskan 100% pekerjaan fisik ruas ini sudah selesai.

Baca Juga : Founder KAHMI Preneur Sebut Tutupnya Ritel Disebabkan Lemahnya Proteksi Kebijakan

“Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, tim uji laik fungsi sudah turun, mereka kasih beberapa catatan untuk disempurnakan. Saat ini kami perbaiki catatan tim tersebut,” kata pria yang akrab disapa Fajar ini.

“Secara fisik 100% ya, sisa pekerjaan di rest area saja, mungkin seperti Bakauheni-Terbanggi (Besar) nanti rest area pakai temporary dahulu,” tambahnya.


1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga : Sudah Sampai Mana Pembangunan Tol Trans Sumatera? […]