oleh

Terkait Masalah Papua Dan Papua Barat: Ma’ruf Amin Bertemu Para pendeta

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin bertemu dengan para pendeta dari papua di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan pendeta Papua tersebut juga ditemani oleh kelompok lintas agama gerakan nasionalis religius (Genius).

pendeta Papua bersama rombongan tiba pukul 11.10 WIB. Kedatangan itu l disambut oleh Ma’ruf dan pertemuan tersebut berlangsung tertutup.

pertemuan tersebut diduga terkait dengan kondisi di Papua dan Papua Barat beberapa hari terakhir. Dua daerah itu dilanda demonstrasi berujung kerusuhan merespons dugaan rasisme yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya.

Baca juga : Video Hina NU, Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara

Kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat itu menyebabkan empat warga sipil dan seorang personel TNI meninggal dunia. Selain itu, sejumlah fasilitas umum, pemerintahan, hingga pribadi rusak akibat kejadian tersebut.

Merespons rasisme itu, aparat Kepolisian diketahui telah menetapkan dua orang sipil sebagai tersangka. Mereka diduga melakukan provokasi yang berujung rasisme. Tak hanya itu, lima personel TNI juga diskors dan dua di antaranya sudah dalam tahap penyidikan karena diduga melanggar disiplin.

Pemerintah melakukan sejumlah langkah dalam merespons kerusuhan, salah satunya melakukan pembatasan akses internet di Papua dan Papua Barat. Langkah itu sebagai cara meredam hoaks terkait Papua dan Papua Barat yang masif di media sosial.

Baca Juga : Disertasi Seks Di luar Nikah, Kemenag Dan MUI Angkat Bicara

Selain itu, pemerintah membatasi Warga Negara Asing (WNA) masuk ke kawasan Bumi Cenderawasih. Kebijakan itu dibuat lantaran pemerintah mendapatilaporan atas keterlibatan asing dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Dia kemudian mengajak para tokoh lintas agama bersatu menjaga kesatuan negara Indonesia, khususnya di Papua. Ma’ruf Amin meminta para tokoh lintas agama melalukan pendekatan budaya dan agama kepada masyarakat Papua.

“Mengajak kita, saya bersama seluruh pemuka-pemuka Islam, bersama dengan agama kristen dan juga pemuka agama lain memelihara dan menjaga ini dan melakukan upaya-upaya pendekatan yang lebih apa, yang lebih soft, lebih pendekatan yang bersifat budaya dengan masyarakat masyarakat di Papua. Kami juga tentu akan melakukan upaya-upaya konsolidasi untuk juga secara bersama-sama, baik dari majelis ulama, maupun dari Nahdlatul Ulama,” papar Ma’ruf Amin

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI untuk menyelesaikan pembahasan RUU Perkoperasian. Raker diagendakan pada 13 September mendatang […]

trackback

[…] Baca juga: Terkait Masalah Papua Dan Papua Barat: Ma’ruf Amin Bertemu Para pendeta […]