oleh

Turis Asing Mudah ‘Refund’ PPN Barang Belanjaan Mulai 1 Oktober 2019

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pajak bakal memberikan relaksasi pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi turis asing atau value added tax (VAT) Refund for Tourist. Hal ini dilakukan agar semakin banyak turis yang berbelanja di Tanah Air.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu, Hestu Yoga Saksama, dalam siaran resminya yang diedarkan menjelaskan mulai 1 Oktober 2019 turis asing bisa minta pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dengan mudah.

Kebijakan ini merupakan pelonggaran bagi para turis asing untuk memperoleh pengembalian pajak belanjaannya selama di Indonesia. Karena niminal belanja yang bisa dikembalikan pajaknya tidaklah besar.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Pangkep Yang Wajib Untuk Para Traveller

VAT refund untuk turis adalah pemotongan pajak sebesar 10 persen yang sudah berlaku sejak tahun 2010. Saat ini, batasan untuk mendapatkan VAT refund adalah transaksi minimal Rp 5 juta. Namun, jumlah itu dianggap terlalu tinggi.

Beleid itu nantinya akan diubah persyaratannya. Besaran nilai minimal belanjanya akan tetap Rp 5 juta dengan PPN Rp 500 ribu. Namun tidak harus dalam satu FPK, dan boleh dari beberapa toko serta tanggal yang berbeda pula tapi masih dalam satu perjalanan. 

Itu artinya turis bisa dapat pengembalian dana PPN yang bisa diambil di bandara meski belanja barang yang murah namun totalnya tetap minimal Rp 5 juta.

Baca Juga : Gubernur Jatim : Taman Kawah Ijen Buat Wisatawan Lebih Betah Di Jatim

Selain itu, Robert berharap bakal semakin banyak UMKM yang bergabung di VAT Refund for Tourist. Aturan itu juga diharapkan bakal cepat rampung.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Turis Asing Mudah ‘Refund’ PPN Barang Belanjaan Mulai 1 Oktober 2019 […]

trackback

[…] juga : Turis Asing Mudah ‘Refund’ PPN Barang Belanjaan Mulai 1 Oktober 2019 “Mungkin yang tidak banyak dikenal itu pantun-pantun ya. Kita sudah banyak tidak kenal […]

trackback

[…] Baca juga : Turis Asing Mudah ‘Refund’ PPN Barang Belanjaan Mulai 1 Oktober 2019 […]