oleh

Wamena Rusuh Lagi! 32 Meninggal Diantranya 1 Orang Dokter

WAMENA, SENAYANEWS.com – Kerusuhan Wanena lagi, kerusuhan ini meluas hingga menewaskan 32 orang dan seorang dokter. Dokter yang selama lima tahun terakhir bertugas di Kabupaten Tolikara, Papua, menjadi salah satu korban tewas kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Namanya dr Soeko Marsetiyo (53 tahun). Dia berprofesi sebagai dokter umum yang bersedia meninggalkan keluarganya di Yogyakarta untuk melayani masyarakat di pedalaman Papua.

Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr Silwanus Sumule, SpOG(K) mengakui saat ini tidak mudah mencari seorang dokter yang bersedia ditugaskan di wilayah terpencil walau pada saat disumpah menjadi seorang dokter, mereka harus mau bertugas di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

Baca juga: Wamena Ricuh! Operasional Bandara Dihentikan

“Saya tidak terlalu tahu dia sebelumnya bertugas di mana, tetapi ketika dia datang di Papua dia langsung bertugas di Tolikara dan memang dia meminta pelayanannya di daerah yang terisolir,” tuturnya, Kamis (26/09/19).

Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr Silvanus Sumule di Jayapura, Kamis (26/09/19), mengatakan jenazah dokter yang sudah mengabdi selama 15 tahun di pedalaman Papua itu dievakuasi menggunakan pesawat Hercules TNI AU.

Almarhum dr Soeko ini yang telah menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ditemukan terluka dan sempat dilarikan ke RSUD Wamena. Namun nyawanya tidak tertolong.

Baca juga: Baku Tembak di Papua Wamena

“Dunia kesehatan berduka dan berharap tidak ada lagi tenaga medis yang menjadi korban,” katanya.

Saat ini, Rabu (25/09/19), total korban meninggal dunia akibat kerusuhan Wamena, Papua tercatat menjadi 32 orang. Selain itu, ada 75 orang yang mengalami luka-luka.

Kemudian 80 kendaraan roda empat, 30 kendaraan roda dua, 150 rumah dan pertokoan, serta 5 perkantoran hangus terbakar.

Sekitar 5.000 warga Wamena memilih mengungsi di 4 titik pengungsian yang ada.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Wamena Rusuh Lagi! 32 Meninggal Diantranya 1 Orang Dokter […]