oleh

3 Kandidat Ketua MPR RI Muncul, Sejumlah Fraksi Belum Menentukan Pilihan

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Pemilihan dan pelantikan Pimpinan MPR 2019-2024 dijadwalkan akan digelar pada Kamis (03/10/19) malam ini. Agenda dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB.

Rabu kemarin (02/10/19), 9 fraksi dan satu perwakilan DPD akan mengajukan nama-nama kandidat Pimpinan MPR untuk kemudian pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat. Jika musyawarah berjalan lancar, Pimpinan MPR akan dilantik pada malam ini.

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, dan DPD yang baru direvisi, Pimpinan MPR bejumlah 10 orang, terdiri dari perwakilan 9 fraksi dan satu unsur DPD. Dengan demikian, setiap fraksi akan mendapat jatah kursi pimpinan. Setiap fraksi akan menyerahkan nama anggotanya yang akan diusulkan menjadi Pimpinan MPR dan akan dipilih satu orang menjadi Ketua MPR.

Baca juga: Peta Kekuatan DPR 2019-2024, Koalisi Jokowi Dominan

Enam dari 9 fraksi MPR RI telah menyatakan dukungan terkait pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 antara Bambang Soesatyo atau Bamsoet (F-Golkar) dan Ahmad Muzani (F-Gerindra). Tiga fraksi lainnya hingga pagi ini belum menentukan arah kebijakan.

PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN dan PPP memilih mendukung Bamsoet. Sementara itu, Ahmad Muzani diketahui baru mendapat dukungan dari partainya sendiri. Tiga partai lainnya, yaitu PKB, PKS dan Partai Demokrat masih belum bersikap.

“Siapapun yang terpilih nanti PKB menitip beberapa hal untuk memastikan agar konstitusi dijaga dengan sebaiknya, Pancasila semakin kuat teraktualisasi dalam kehidupan kebangsaan dan ikut menjaga dan mengawal pemerintahan agar berjalan baik dan lancar,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (03/10/19) malam.

Baca juga: Pasca Dilantik Menjadi DPR RI, Kamrussamad Prioritaskan Kembalikan Kepercayaan Rakyat

Berikut ini susunan masing-masing fraksi MPR:

PDIP
Ketua: Ahmad Basarah
Sekretaris: Hasanuddin

Golkar
Penasihat: Agun Gunanjar Sudarsa
Ketua: Zainudin Amali
Sekretaris: Idris Laena
Bendahara: Mujib Ahmad

Gerindra
Ketua: Ahmad Riza Patria
Sekretaris: El Nino
Bendahara: Andi Iwan Aras

NasDem
Ketua: Johnny G Plate
Sekretaris: Abdullah Alkadrie


PKB
Penasihat: Muhaimin Iskandar
Ketua: Jazilul Fawaid
Sekretaris: Neng Eem Marhamah

Demokrat
Ketua: Guntur Sasono

PKS
Ketua: Tifatul Sembiring
Sekretaris Johan Rosihan
Bendahara: Saadiyah

PAN
Ketua: Iding Abdullah
Sekretaris: Saleh Daulay

PPP
Ketua: Arwani Thomafi
Wakil Ketua: Saiful Tamliha

Rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR ditunda kemarin. Dikarenakan fraksi belum mengusulkan nama pimpinan MPR.

Dari 10 pimpinan MPR yang diusulkan, nantinya akan dipilih 1 orang sebagai ketua MPR RI.

Sejak kemarin siang dua orang mengemuka sebagai ketua MPR RI. Mereka adalah Bambang Soesatyo dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra.

Namun yang mengejutkan, hari ini nama Fadel Muhammad menyodok sebagai kandidat baru calon ketua MPR RI.

Fadel Muhammad mengatakan, setelah dipilih sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD, ia akan berjuang untuk menduduki posisi ketua MPR.

“Saya diminta oleh teman-teman DPD agar bisa memperjuangkan DPD menjadi ketua MPR,” kata Fadel pada wartawan usai rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (02/10/19).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of