oleh

Bupati Lampung Utara Terjaring OTT KPK

LAMPUNG, SENAYANEWS.com – Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara terjaring operasi tangkap tangan ( OTT) yang dilakukan tim penindakan KPK di Lampung Utara.

Agung Ilmu Mangkunegara dan tiga orang lainnya yang berasal dari unsur kepala daerah dan satu orang perantara diamankan di Lampung Utara pada Minggu kemarin. (06/10/19).

Dalam operasi ini, KPK juga mengamankan sejumlah uang sebagai barang bukti.

KPK juga menyita sejumlah uang yang diduga bagian dari tindak pidana suap.

“Total uang yang diamankan sekitar Rp 600 juta. Diduga terkait dengan proyek di Pemkab Lampung Utara,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (07/10/19).

Baca juga: Bupati Lampung Utara Mundur dari NasDem Setelah Di Tangakap KPK

Berdasarkan hukum acara pidana, KPK memiliki waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum mereka yang diamankan.

“Info lebih lanjut akan kami sampaikan melalui konferensi pers malam ini,” kata Febri.

Sebelumnya, Agung adalah Ketua DPD Partai NasDem Lampung Utara. Partai NasDem telah menerima permintaan pengunduran diri tersebut. Kini Agung tak lagi punya posisi di seluruh jabatan dan posisi Partai NasDem.

NasDem menghormati proses hukum yang berjalan dengan prinsip keadilan. NasDem juga dinyatakannya mendukung segala upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi.

Baca juga: 7 Orang Diamankan KPK dalam OTT Bupati Lampung Utara

“Terkait kasus korupsi, Partai NasDem tegas mengatur bahwa jika ada kader partai yang tersangkut kasus korupsi, hanya ada dua pilihan, yakni diberhentikan atau mengundurkan diri,” kata Taufik.

Menurut Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif, OTT dilakukan setelah terjadi penyerahan sejumlah uang diduga untuk Bupati Lampung Utara. Saat ini barang bukti uang tersebut tengah dihitung jumlahnya.

“(OTT) diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. Untuk pengamanan awal, tim telah menyegel sejumlah benda dan lokasi,” ujar Syarif saat dikonfirmasi, Minggu (06/10/19).

“Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK hari ini Senin,” kata Laode Syarif.


1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Bupati Lampung Utara Terjaring OTT KPK […]