oleh

Desrizal Chaniago Diperiksa Polisi Atas Kasus Pemukulan Hakim PN Jakpus

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Pengacara dari Tomy Winata, Desrizal Chaniago, diperiksa polisi atas kasus pemukulan terhadap hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Sunarso.

Pemeriksaan tersebut dilakukan usai Sunarso malaporkan aksi kekerasan itu ke Polres Jakarta Pusat. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan membenarkan hal tersebut.

Terkait hal itu, Hamdan Zoelva sebagai pengacara Desrizal Chaniago mengungkapkan, tersangka kasus pemukulan Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Kami adalah penasehat hukum Desrizal. Kami berharap bahwa proses hukum pidana yang dijalani Desrizal akan berjalan secara wajar. Artinya tidak berlaku di luar dari apa yang ada dalam dakwaan,” kata Hamdan Zoelva dalam jumpa pers kasus Desrizal Chaniago di Jakarta, Senin (07/10/19).

“Saya sebagai teman yang sudah lama mengenal 20 tahun lebih, kaget mendengar kabar itu. Apa dan kenapa bisa terjadi? Setelah saya mendapatkan informasi dan bertemu ternyata apa yang terjadi itu suatu hal yang benar-benar spontan dan sekitika itu terjadi,” lanjut Hamdan Zoelva, Senin (07/10/19).

Baca juga: Pukul Hakim : Pengacara Tomy Winata Resmi Jadi Tersangka

Hamdan Zoelva juga ditemani tiga kuasa hukum lainnya, yaitu Januardi Hariwibowo, Atmajaya Salim, dan Tasman Gultom untuk menangani kasus tersebut.

Zoelva mengatakan, Desrizal secara spontan melakukan pemukulan terhadap hakim. Saat itu, majelis hakim menolak gugatan wan prestasi yang diajukan pengusaha Tomy Winato terhadap PT Geria Wijaya Prestige (GWP).

Hamdan juga menunjukkan bahwa di kasus yang serupa namun beda pihak, hakim mengabulkan tuntutan. Sedangkan di kasus yang mana Desrizal menjadi pengacaranya tuntutan itu tidak dikabulkan.

“Materi kasusnya sama yang sebelumnya juga diajukan di PN Jakarta Pusat dikabulkan gugatannya dan ini (Desrizal) ditolak dan putusannya bersifat keputusan hukum tetap,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Baca juga: Selingkuhi Istri Orang, Hakim Militer Diberhentikan

Sebelumnya, pada 18 Juli lalu, pengacara berinisial Dezrizal Chaniago menyerang majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Pelaku diketahui sebagai kuasa hukum pengusaha Tomy Winata (TW) yang tengah berperkara di PN Jakpus.

Humas PN Jakpus, Makmur mengatakan, penyerangan tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu majelis hakim tengah menangani perkara perdata nomor 223/pdt.G/2018/JKT Pst antara TW selaku penggugat melawan PT GWP.

Pelaku kemudian melepas ikat pinggangnya untuk menyerang majelis hakim. Ikat pinggang tersebut sempat mengenai dua hakim yang tengah membacakan putusan.

“Mengenai Ketua Majelis Hakim HS pada bagian jidat dan sempat mengenai hakim anggota 1, DB,” tuturnya.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Desrizal Chaniago Diperiksa Polisi Atas Kasus Pemukulan Hakim PN Jakpus […]