oleh

HUT TNI 74: Janji Kenaikan Gaji 80% Hingga Parade Kekuatan Alutista

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Presiden Joko Widodo menjanjikan kenaikan tunjangan kinerja prajurit TNI sebesar 80 persen pada 2020. Hal itu disampaikan Jokowi dalam peringatan HUT TNI ke-74 di Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (05/10/19).

“Pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” Kata Jokowi dalam pidatonya.

Selain itu, Presiden meminta prajurit TNI bisa bersinergi dengan lembaga negara lainnya untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

Baca juga: HUT ke-74 TNI, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke JK hingga Gatot

“TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga, seperti Polri, BNPT, BNPB, dan Bakamla,” ujar Jokowi. 

Selain itu, Jokowi juga menyiapkan ratusan jabatan baru untuk perwira berpangkat kolonel dan ratusan jabatan baru untuk para perwira tinggi.

“Pemerintah saat ini harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI,” ujarnya.

Baca juga: HUT TNI dan Sejarah Hari Lahirnya

Perayaan tahun ini, TNI mengusung tema “TNI Profesional Kebanggan Rakyat”. Kolonel Marinir Rudy Sulistyanto yang merupakan Asops Dankormar bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara ini diisi oleh pergaan sejumlah keterampilan prajurit. Mulai dari bela diri militer, tari perang garuda, terjun payung, demo udara (fly pass, BTU, tempur udara & composite strike), jupiter aerobatic, hingga boms burst.

Parade dan defile ini berkekuatan 6.806 personel. Susunan alusista parade terdiri dari radar surveillance 2 unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit, RM 70 Grad 2 unit, MRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, Boeing 737 2 unit, CN 235 2 unit, F-16 2 unit.

Adapun pasukan defile dan alusista terdiri dari Defile POM TNI (48 personel 24 alusista), Defile Matra Darat (1.172 personel 415 alusista), Defile Matra Laut (522 personel, 116 alusista), Defile Matra Udara (259 personel, 58 alusista).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of