oleh

Jamur Pembunuh Ditemukan di Australia, Sebar Racun Hanya Disentuh

SENAYANEWS.comQueensland Salah satu jamur paling mematikan di dunia telah ditemukan di wilayah utara jauh Australia. Temuan ini merupakan momen pertama jamur yang dijuluki ‘jamur pembunuh’ ini ditemukan di lokasi berjarak ribuan kilometer dari habitat aslinya di pegunungan Jepang  dan Korea.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/10/19), Jamur beracun yang disebut Poison Fire Coral ini ditemukan di pinggiran Cairns, Queensland, oleh seorang fotografer lokal dan akhirnya diidentifikasi oleh sejumlah ilmuwan. Temuan ini diumumkan oleh James Cook University pada Kamis (3/10/19) waktu setempat.

Baca juga: Peta Kekuatan DPR 2019-2024, Koalisi Jokowi Dominan

Diketahui bahwa beberapa orang meninggal di Jepang dan Korea karena salah mengira jamur yang berwarna merah menyala ini sebagai jamur yang bisa dimakan dan biasa digunakan dalam obat tradisional, dengan menyeduhnya ke dalam teh.

Pakar mikologi dari James Cook University, Matt Barrett, menyebut temuan ini memperluas penyebaran jamur jenis Poison Fire Coral. Barrett merupakan pakar yang mengonfirmasi jenis jamur beracun yang ditemukan di Australia itu.

Jamur jenis Poison Fire Coral menjadi satu-satunya jamur dengan racun yang bisa diserap melalui kulit atau bisa menyebarkan racun dengan hanya disentuh. Jika dimakan, jamur ini akan memicu serentetan gejala mengerikan, seperti muntah-muntah, diare, demam dan mati rasa.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of