oleh

Jokowi Masuk Daftar Top 50 Muslim Berpengaruh Di Dunia

SENAYANEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali masuk di deretan ‘Top 50’ dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia. Selain Jokowi, sejumlah nama lain dari Indonesia turut masuk dalam daftar tersebut.

Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu yaitu Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC).

RISSC ini merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania.

Baca juga: HUT ke-74 TNI, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke JK hingga Gatot

Buku The Muslim 500: The World’s 500 Most Influental Muslims 2020, didapat dari situs resmi The Muslim 500, Sabtu (05/10/19).

RISCC menyatakan pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka.

Presiden Jokowi menduduki peringkat ke-13. Disusul oleh KH Said Aqil Siradj yang berada di peringkat-19.

Lalu Habib Luthfi Yahya menduduki posisi-33, dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di peringkat 42.

Baca juga: Peta Kekuatan DPR 2019-2024, Koalisi Jokowi Dominan

Sementara itu, Presiden Halimah Yacob menduduki nomor 38. Ia merupakan Presiden Singapura perempuan yang pertama.

Halimah bisa menduduki peringkat ini karena upayanya dalam mempromosikan kohesi sosial dan juga dalam memperjuangkan pekerja di negaranya.

Dilansir dari Straits Times kemarin, pemberi penghargaan menyatakan “Sebagai presiden ia telah mempromosikan inisiatif untuk mendukung masyarakat yang kohesif, memperkuat kerukukan antaragama, dan mengakui semua pekerja yang berkontribusi pada pertumbuhan di Singapura. Dia memiliki profil internasional yang kuat, dan rutin bertemu dengan para pemimpin dunia.”

Dari semua inisiatif yang ia jalankan selama menjadi presiden, salah satunya berupa forum antar agama yang mendatangkan pemimpin dari berbagai agama di seluruh dunia untuk bersama-sama menyebarkan pemahaman yang baik demi kerukukan antar komunitas dan umat beragama.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of