oleh

KPK Tetapkan Tersangka Eks Bupati Cirebon Atas Dugaan TPPU

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menetapkan mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU), Jumat (04/10/19).

Sunjaya sebelumnya divonis bersalah dalam kasus suap terkait jual beli jabatan di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon. Pada perkara itu, Sunjaya divonis 5 tahun penjara serta denda Rp 200 subsider 5 bulan kurungan.

“KPK meningkatkan status perkara tindak pidana pencucian uang ke penyidikan dan menetapkan SUN (Sunjaya) sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam konferensi pers, Jumat (04/10/19).

Baca juga: Moeldoko: Perppu KPK Bak Buah Simalakama

Sunjaya diduga mendapat penerimaan lain terkait jabatannya serta berupaya menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaannya. Total penerimaan lain yang diterima Sunjaya diduga Rp 51 miliar.

Syarif mengatakan, selama menjabat Bupati Cirebon, Sunjaya diduga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sebesar Rp 41,1 miliar.

Uang tersebut terkait pengadaan barang/jasa dari pengusaha sekitar Rp 31,5 miliar, terkait mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Mojokerto dari Aparatur Sipil Negara sekitar Rp 3,09 miliar. Kemudian setoran dari Kepala SKPD/OPD sekitar Rp 5,9 miliar, serta terkait perizinan galian dari pihak yang mengajukan izin lainnya Rp 500 juta.

Baca juga: Sri Mulyani: Bos-bos BUMN Terciduk KPK, Mereka Penghianat!

Sunjaya juga diduga menerima hadiah atau janji terkait perizinan PLTU 2 di Kabupaten Cirebon sebesar Rp 6,04 miliar dan perizinan properti di Cirebon sebesar Rp 4 Miliar.

“Sehingga, total penerimaan tersangka SUN dalam perkara ini adalah sebesar sekitar Rp 51 Miliar,” imbuh La ode.

KPK juga telah mengagendakan pemeriksaan 146 orang saksi. Mereka yang diperiksa terdiri dari Anggota DPR RI hingga pejabat di Pemkab Cirebon.

“Dalam proses Penyidikan tindak pidana pencucian uang sejak 13 September 2019 telah diagendakan pemeriksaan 146 Orang saksi di KPK dan Polres Cirebon,” Papar La Ode.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Mawar Eva De Jongh didapuk memerankan perempuan nakal di film ‘SIN’. Tentu saja hal itu sangat jauh berbeda dari peran sebelumnya di ‘Bumi Manusia’, yang menjadikannya karakter wanita anggun. […]