oleh

Mesranya Gerindra dan PDIP, Akankah Gabung Pemerintah?

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Gerindra diisukan masuk barisan partai pendukung Jokowi. Isu itu kian santer setelah Gerindra mengajukan konsep-konsep pemerintahan ke Jokowi.

Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, jika konsep-konsep yang diajukan Prabowo Subianto diterima oleh Jokowi, partainya siap memperkuat pemerintahan. Namun, jika tidak, Gerindra akan tetap berada di luar.

“Kalau diterima, ya, kita masuk, kalau belum bisa diterima ya kemungkinan kita memperkuat pemerintahan dari luar,” kata Dasco kepada wartawan, Jumat (04/10/19).

Isu ini mencuat setelah mesranya hubungan Gerindra dengan PDIP hingga memunculkan spekulasi akan bertambahnya kekuatan di barisan partai pendukung Presiden Jokowi.

Baca juga: Terkait Pemakzulan Presiden, Guru Besar Hukum Angkat Bicara

Ada tiga nama yang kabarnya disodorkan Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk masuk ke Kabinet Kerja jilid II, yaitu Waketum Gerindra Edhy Prabowo, Waketum Gerindra Fadli Zon, dan Sandiaga Uno yang segera kembali ke partai berlambang kepala burung Garuda itu.

Terkait dengan isu tersebut, Partai Gerindra yang merapat ke pemerintah, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan segala keputusan Ketum Gerindra Prabowo Subianto akan dibahas usai mendengarkan masukan DPD Gerindra dalam rapat kerja nasional (rakernas).

Ia menjelaskan, dalam rakernas tersebut akan disampaikan masukan dari kader di daerah dan pimpinan partai untuk penyikapan politik ke depan. Namun, kata dia, dalam rakernas tersebut tidak akan dibahas terkait apakah Gerindra masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf atau berada di luar pemerintahan.

“Ini konsolidasi internal Gerindra pasca-Pemilu 2019 dan menghadapi pemerintahan ke depan,” papar dia.

Konsep ini belum pernah diumbar oleh Gerindra. Namun Dasco pernah berbicara tiga konsep yang diajukan ke Jokowi, yaitu konsep soal ketahanan pangan, ketahanan energi, dan ketahanan ekonomi.

Baca juga: Pidato Ketua MPR Perdana, Bamsoet Bicara Amendemen UUD 1945

Apakah artinya itu Gerindra meminta kursi menteri di tiga bidang tersebut? Ucap Dasco.

“Kami kan belum tahu ada di pemerintahan atau luar pemerintahan. Jadi saya pikir itu masih isu ya,” ujarnya.

Namun isu berkembang. Kini tiga elite Gerindra disebut sedang dipertimbangkan Jokowi untuk merapat ke pemerintah. Mereka adalah duo Waketum Gerindra Fadli Zon dan Edhy Prabowo serta Sandiaga Uno, yang dikabarkan segera kembali mengantongi kartu tanda anggota Gerindra.

Dalam Keterangan terpisah Fadli mengatakan, Prabowo dan Megawati pernah berkoalisi di tahun 2008. Ia pun menceritakan ia sangat dekat dengan Megawati dan pernah menjadi sekretaris umum koalisi Prabowo-Megawati pada 2008 lalu.

“Apalagi dengan Ibu Megawati. Kita pernah berkoalisi, tahun 2008, bahkan saya pernah jadi sekretaris umum dari tim kampanye nasional saat itu, hampir tiap hari saya ketemu dengan bu Mega saat itu. Saya kira komunikasi bagus-bagus saja di bangun,” Kata dia.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Mesranya Gerindra dan PDIP, Akankah Gabung Pemerintah? […]