oleh

PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

JAKARTA, SENAYANEWS.comPDIP menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari F-Golkar untuk mengisi kursi Ketua MPR. Dukungan itu diberikan atas arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri.

“Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR,” kata Ketua F-PDIP MPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/19).

Baca juga: Peta Kekuatan DPR 2019-2024, Koalisi Jokowi Dominan

Menurut Basarah, dukungan kepada Bamsoet diambil dengan pertimbangan demokrasi di mana parpol pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol lainnya. Meski PDIP menjadi pemenang pemilu dan telah mendapatkan kursi Ketua DPR, Basarah menyebut PDIP bukan partai yang mengambil semua kursi.

“PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner takes (it) all (pemenang pemilu mengambil semua), sehingga kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan,” jelasnya.

Meski demikian, dukungan PDIP kepada Bamsoet dan Partai Golkar bukan tanpa syarat. Basara menyebutkan sejumlah syarat yang diberikan PDIP kepada Golkar dalam pertemuan pimpinan fraksi MPR siang tadi.

Baca juga: Pasca Dilantik Menjadi DPR RI, Kamrussamad Prioritaskan Kembalikan Kepercayaan Rakyat

“PDI Perjuangan meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting. PDI Perjuangan mempersilakan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat,” ungkap Basarah.

Muzani Minta Bamsoet Mengalah untuk Ketua MPR, Gerindra: Itu Cara Lobi

Hasil gambar untuk foto muzani gerindra

Kandidat Ketua MPR dari Partai Gerindra Ahmand Muzani meminta Partai Golkar yang mengajukan nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengalah. Gerindra menganggap pernyataan Muzani sebagai bentuk lobi.

“Itu bentuk cara lobi Pak Muzani ke Golkar,” kata Ketua DPP Partai Gerindra Demond J Mahesa di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/19). Desmond membeberkan alasan pengajuan nama Muzani untuk kursi ketua MPR. Menurut Desmond, Muzani adalah sosok yang memiliki kapasitas.

“Beliau punya kapasitas, dan sebelumnya kan di MPR juga,” ungkapnya.

Baca juga; Pasca Demo, Gerbang Utama Gedung DPR RI Rusak Parah

Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut partainya telah melakukan lobi dan membangun komunikasi politik dengan seluruh fraksi di MPR. Lobi-lobi itu dilakukan termasuk dengan PDIP dan Golkar.

“Ya insyaallah, kita komunikasi berjalan. Kita tetap berkomunikasi dengan partainya Pak Utut, PDIP, dan Bang Aziz (Aziz Syamsuddin Golkar), siapa tahu kan Bang Aziz pilih Pak Muzani, kan gitu hehehe. Jadi semuanya kita komunikasi dengan seluruh fraksi yang ada karena nanti kan pimpinan kan one man one vote, jadi kita komunikasi dengan seluruh fraksi yang ada, dari parpol maupun DPD,” ucap Andre.

Surya Paloh Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

Nasdem menegaskan mendukung politikus Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menjadi Ketua MPR. Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.


5
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR […]

trackback

[…] Baca juga: PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan pidato perdana seusai pelantikan. Dalam pidatonya, ia berbicara soal kebutuhan amendemen UUD 1945. […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut buka suara terkait banyaknya bos-bos badan usaha milik negara (BUMN) yang terciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). […]

trackback

[…] Baca juga: PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR […]