oleh

RI, Belanda Lanjutkan Proyek Tanggul Pencegah Banjir Jakarta

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Indonesia akan kembali bekerja sama dengan Belanda dalam proyek Pengembangan Terpadu Pesisir Ibukota Negara atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui usai bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin (7/10/19).

“Ini sudah sejak tiga tahun lalu bersama sama dengan Korea Selatan. Akan selesai Juli 2020 tapi kita teruskan” kata Basuki.

Baca Juga: Sri Mulyani: Bos-bos BUMN Terciduk KPK, Mereka Penghianat!

NCICD merupakan tanggul raksasa yang bertujuan untuk melindungi Kota Jakarta untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang dari krisis air baku dan risiko banjir akibat fenomena penurunan permukaan tanah di Utara Jakarta.

Pada tahap awal untuk mengurangi risiko banjir, banjir rob dan mencegah penurunan permukaan air tanah kota Jakarta dibangun tanggul laut sepanjang 20,1 km untuk melindungi area kritis.

Pembangunan tanggul fase darurat tersebut dibagi atas pembangunan tanggul sepanjang 4,5 km oleh Kementerian PUPR yang telah rampung pada tahun 2018 dan selebihnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan partisipasi pihak swasta di daerah kritis tersebut.

Baca Juga: Wamenkeu Bongkar Penyebab Keuangan BPJS Kesehatan

Basuki bilang kerja sama dengan Belanda kali ini akan terkait pencarian pembiayaan proyek NCICD.

“Kalau ini dia (Belanda) mencarikan skema pembiayaan untuk NCICD. Korea untuk teknisnya. Semacam wealth fund, saya kira begitu,” jelas Basuki.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com – Polisi memeriksa rekaman kamera CCTV dan meminta keterangan tiga orang saksi untuk menyelidiki kasus pembunuhan wanita cantik di Hotel Omega Karawang. Diduga kuat, motif pembunuhan itu bukan perampokan. Sebab, sejumlah benda berharga milik korban masih utuh. […]