oleh

Stasiun Gambir Tak Lagi Layani Kereta Jarak Jauh Mulai 2021

JAKARTYA, SENAYANEWS.com – Stasiun Gambir yang selama ini dikenal sebagai tempat pemberhentian bagi kereta api (Ka) jarak jauh akan berubah fungsi dan akan hanya melayani pemberhentian KRL commuter Jabodetabek dan Ka khusus seperti pariwisata dan kepresidenan.

Peran Stasiun Gambir akan digantikan oleh Stasiun Manggarai yang dipilih Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan sebagai hub atau central statition di DKI Jakarta. Dengan begitu, Ka jarak jauh akan berhenti di sana.

Baca Juga: Menhub Dan Menhan Datangi Kantor Luhut Siang Ini, Bahas Apa?

Dengan menjadi hub, Stasiun Manggarai nantinya akan terintegrasi dengan Halte Transjakarta yang disambungkan oleh skybridge. Stasiun Manggarai dipulih menjadi pusat karena telah menjadi titik temu bagi moda transportasi berbasis rel, yaitu KRL commutet Jabodetabek dan Ka bandara.

Kemenhub

Hasil gambar untuk foto menhub di gambir

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan bahwa Stasiun Gambir nantinya tidak lagi melayani pemberhentian kereta api (KA) jarak jauh. Peran Stasiun Gambir nantinya digantikan oleh Stasiun Manggarai yang menjadi pusat stasiun (central station) di Jakarta.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen Kemenhub), Supandi mengatakan implementasi hal tersebut direncanakan pada akhir 2021.

Baca Juga: Komisaris Utama-Dirut BCA Kompak Jual Saham

“Kalau rencana 2021, mungkin akhir tahun,” kata Supandi saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (7/10/19).

Supandi menceritakan, implementasi Stasiun Manggarai menjadi pusat atau hub stasiun juga menunggu penyelesaian pengembangan pembangunan yang saat ini masih berjalan. Pada tahun 2021, diharapkan juga pembangunan tersebut sudah rampung.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of