oleh

Isis Nyatakan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi Sebagai Pemimpin Baru

SENAYANEWS.com – Kelompok ISIS akhirnya mengumumkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, sekaligus menyatakan penerus yang baru.

Dalam rekaman audio yang dirilis di Telegram, kelompok ekstremis itu menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai orang nomor satu mereka.

“Kami berkabung untukmu, komandan dari orang-orang yang beriman,” ujar Hashimi yang juga bertindak sebagai juru bicara ISIS.

Baca juga: Polwan Terduga Radikalisme di Tangkap Lagi

Sayap media ISIS mengumumkan pengganti Abu Bakr al Baghdadi yang bernama Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi pada Kamis kemarin.

Selain itu, media kelompok ISIS yang bernama al-Furqan, melalui pesan audio yang tersebar di Telegram, mengkonfirmasi kematian al Baghdadi sekaligus menunjuk al-Quraishi, menurut laporan CNN, (01/11/19).

Pesan hari Kamis disuarakan oleh juru bicara baru ISIS, Abu Hamza al-Qarshi. Dia menggantikan mantan juru bicara Abu Hasan al-Muhajir, yang dibunuh oleh pasukan AS di dekat Jarablus di Suriah utara, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS Senin.

Baca juga: AS Kirim 200 Tentara ke Arab Saudi

Pengumuman ISIS mengatakan bahwa al Baghdadi telah digantikan sebagai pemimpin oleh Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi, yang diidentifikasi sebagai “emir orang-orang beriman” dan “khalifah.”

Namun hampir tidak ada yang diketahui publik tentang al-Quraishi, termasuk nama aslinya, dan para analis kontraterorisme mencoba mencari tahu siapa dia.

“Tidak ada – dan maksud saya tidak ada orang di luar lingkaran yang sangat kecil di dalam ISIS – memiliki gagasan siapa pemimpin baru mereka ‘Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi’,”kata Paul Cruickshank, editor CTC Sentinel di Combating Terrorism Center, seperti dikutip dari New York Times.

Qardash sebelumnya dinominasikan oleh Baghdadi untuk menjalankan “urusan Muslim” kelompok tersebut dan selanjutnya akan mengambil alih posisi al-Baghdadi.

Tidak banyak yang diketahui tentang Qardash selain bahwa ia adalah mantan perwira militer Irak yang pernah bertugas di bawah almarhum pemimpin Irak, Saddam Hussein.

Presiden AS, Donald Trump telah mengonfirmasi kematian Abu Bakr al-Baghdadi dalam operasi pasukan khusus Amerika di provinsi Idlib, Suriah, Minggu dini hari. Dia tewas setelah meledakkan rompi bom bunuh diri ketika dikejar pasukan dan anjing militer Amerika.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of