oleh

Presiden Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru Sekaligus Upacara Kenaikan Pangkat

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Idham Azis resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri. Idham pun mendapat kenaikan pangkat dari Komjen menjadi Jenderal.

Pembacaan keputusan kenaikan pangkat itu digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, usai pengambilan sumpah jabatan Kapolri oleh Jokowi, Jumat (01/11/19).

Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat bintang empat di bahu Idham. Jokowi juga menyerahkan tongkat komando kepada Kapolri baru itu.

Baca juga: Kemenhan Adakan Sertijab Hari Ini

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 97/Polri Tahun 2019 tentang pengangkatan Kepala Kepolisian RI oleh Sekretaris Militer Presiden.

pengambilan sumpah jabatan. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti Idham Azis.

Baca juga: Masuknya Prabowo di Kabinet Jokowi, Pengamat: Dinamika Baru Pasca Pemilu

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata.”

Setelah pembacaan sumpah, Abdul Azis kemudian masing-masing menandatangani berita acara pelantikan sebagai Kepala Kepolisian RI yang disaksikan langsung Jokowi, Menteri Dalam Negeri yang juga mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menaikkan pangkat Idham satu tingkat lebih tinggi sesuai berdasarkan keputusan presiden. Kini, status Idham bukan lagi Komisaris Jenderal Polisi melainkan Jenderal Polisi.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Presiden Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru Sekaligus Upacara Kenaikan Pangkat […]