oleh

Catatan Anggota DPR RI Kamrussamad Soal Omnibus Law UU Pemilu dan Pilkada

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad menyampaikan beberapa catatan penting terkait Omnibus Law UU Pemilu dan Pilkada.

Menurut putra Sulawesi Selatan ini, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masuk daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020 untuk direvisi. Ia juga menyarankan agar konsep omnibus law dipakai untuk menggabungkan UU Pemilu dan UU Pilkada.

Omnibus law merupakan solusi atas rencana revisi UU Pemilu Nomor Tahun 2017. Jadi, UU Pemilu itu digabung dengan UU Pilkada,” ujar pengusaha asal Kabupaten Pangkep ini.

Baca Juga : Anggota DPR/MPR RI Kamrussamad Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan dan NKRI

Ia juga menyebutkan beberapa ruang lingkup revisi UU Pemilu. Menurutnya terdapat empat aspek, sistem kepemiluan meliputi dari Pemilu serentak dengan 5 kotak suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/kota menjadi opsinya ada dua wacana yang berkembang.

Ia menyebutkan dua wacana, masing –masing pemisahan dengan pendekatan serentak khusus nasional yaitu Pilpres, DPR, DPD) dan serentak Daerah yaitu DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/kota dan Kepala daerah).

“Wacana kedua yaitu Pemilu serentak Legislatif (DPR, DPRD, DPD) dan serentak Eksekutif (Presiden dan Kepala daerah). Meninjau ulang Kursi tiap Dapil dari 3 s.d.10  menjadi 3 sampai dengan 8 maksimal untuk DPR RI atau sebaliknya,” urainya.

Baca Juga: ASN, TNI, Polri Tak Mundur di Pilkada, Kamrussamad : Upaya Kelabui Rakyat

Masih kata dia, aspek lain yang perlu direvisi manajemen meliputi sistem pemutahiran data pemilih sampai penetapan DPT,  Masa rekapitulasi suara yang terlalu panjang diganti dengan E rekap.

“Aspek penegakan Hukum berupa penguatan payung hukum terhadap pelaku monyet politik agar ada efek jera. Sehingga melahirkan pendidikan politik yang sehat dan figur berintegritas dan kemudian aspek aktor pemilu dimana meliputi pembatasan Usia Maksimal petugas Badan adhoc khususnya KPPS,” terangnya.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Anggota BPIP sekaligus Ketua Umum PBNU, Said Ali Siradj menyebut hampir semua universitas di Indonesia terpapar aliran wahabi yang bisa berujung pada sikap intoleran. Said Aqil menyebut beberapa universitas dan salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB). Apa respons Rektor IPB? […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Artis Nadia Shapira dan tunangannya Mikael Mirdad akan melangsungkan pernikahannya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/19) secara tertutup.Pihak wedding organizer (WO) memang tak mengizinkan awak media untuk masuk ke dalam lokasi pernikahan. […]