oleh

Dinamika Munas Golkar Diawali Mundurnya Bamsoet Sebagai Caketum

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Sejumlah dinamika mewarnai penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Baru saja dibuka pada Selasa (03/12/19) malam, sejumlah kader yang telah mendaftar sebagai calon ketua umum menyatakan mengundurkan diri dari bursa pencalonan.

Agenda pemilihan ketua umum baru akan dilaksanakan pada hari ketiga Munas atau Kamis (05/12/19). Kini, jelang pemilihan ketua umum yang baru, hanya ada beberapa nama yang masih bertahan memperebutkan jabatan orang nomor satu di partai beringin.

Mundurnya sejumlah calon ketua umum Golkar diawali Wakil Koordinator bidang Pratama, Bambang Soesatyo.

Baca juga: Pengusul Presiden 3 Periode, PPP Hubungkan dengan Pilpres 2024

Bambang mengumumkan penarikan dirinya dari bursa calon sesaat sebelum pembukaan Munas atau Selasa (03/12/19).

Dengan kondisi internal yang semakin memanas, Bambang kemudian mengaku memikirkan situasi di dalam negeri.

“Situasi nasional, yang memerlukan situasi politik yang kondusif, guna menjaga pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dari berbagai serangan dan ancaman ekonomi global,” ungkap Bambang saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (03/12/19).

Baca juga: Sri Mulyani Hingga Airlangga Kumpul Bareng Pejabat AS, Ada Apa?

Kabar mundurnya Bambang diungkap pertama kali oleh politisi Partai Golkar yang juga ketua tim pemenangan Bambang Soesatyo, Ahmadi Noor Supit.

Menurut Supit, langkah ini diambil untuk mencegah perpecahan partai berlambang beringin itu.

“Demi menjaga persatuan di partai, mencegah perpecahan, maka dengan kesadaran penuh, dengan sangat terpaksa demi partai, saya katakan kemudian Mas Bambang Soesatyo mengundurkan diri dari pencalonan,” ucap Supit.

Pertimbangan terakhir Ketua MPR itu, yakni semangat rekonsiliasi yang telah disepakati dengan calon petahana yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama antara kedua tim, saya dan Airlangga sepakat untuk membangun rekonsiliasi antara tim Bamsoet dan tim Airlangga,” kata dia.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Dinamika Munas Golkar Diawali Mundurnya Bamsoet Sebagai Caketum […]