oleh

Beta Suku Alune Deng Wemale Dari Pulau Seram Maluku, Bukan Suku Gad Yang Hilang Dari 12 Suku Israil

Apakah Masyarakat asli Pulau Seram yang di sebut ALIFURU adalah suku Isreal yang Hilang?

JAKARETA, SENAYANEWS.comMendengar kata ALIFURU orang Maluku saat ini akang bangga dan mengaku mereka adalah suku ALIFURU tetapi apakah arti dari sebutan ALIFURU iru sendiri?.Ada banyak penulis saat ini yang mengatakani mangatakan ALIFURU itu terdiri dari dua kata  bahasa arab yaitu : Alif (لألف ) yang dalam bahasa arab sebagi huruf pertama di artikan sebagi yang pertama dan Uru di artikan sebagai orang.

pada hal dalam bahasa arab kata URU tidak memiliki arti apa-apa dan dalam bahasa arab sendiri tidak ada kata Uru bahkan dalam bahasa Asli Seram atau orang biasa bilang bahasa tanah uru tidak memiliki arti orang, kata orang dalam bahasa tanah seram di sebut TAMATA

penulis yang lain misalnya Resley  menyatakan kata Alifuru bukan berasal daribahasa Arab, Menurutnya kata Alfuros ini sangatlah tidak mungkin di ambil dari kata Alifuru sekalipun kata ini merujuk pada pengertian manusia mula-mula sebab bila Kata Alifuru ini di kaitkan katanye dengan Maloko, Baeleu dan seniri serta budaya kepala suku yaitu Alluf maka sengatlah tidak cocok

Kata tersebut berasal dari Alif muncul setelah masuknya bangsa Arab ke Maluku. Tetapi sbelum itu Alfuros ini menunjuk kepada nama suku bangsa yang telah di temukan oleh para ahli yaitu “ALUNE’ yang ada baik di Nusa Ina (Pulau Ibu/Seram) dan Halmahera yang memiliki budaya atau system pemerintahan ‘Alluf’ yaitu kepemimpinan berada di tangan’ kepala kaum/kepala suku’ menurut Resley Budaya ini mula-mula di terapkan oleh bangsa ‘Edom’ yaitu keturunan Esau saudara Yakub (isreal) anak Ishak.

Di Maluku di sebut mata rumah (kepala kaum) kepala Soa dan Kepala suku, sehingga menurutnya ALLUF dalam pegertian bahasa ibrani artinya-Panglima, pemimpin (kamus singkat bahasa-Indonesia hal 11) Kepala-kepala kaum di Edom yang kemudian hari di sebut Raja (Kejadian)Pada bagian akhir dari buku Resley, dia mentakan bahwa mayoritas orang Maluku adalah merupakan keturunan dari suku Gad, yaitu suku Isreal yang telah disangka hilang dan tak dapat di temukan lagi di Dunia.

Benarkah Demikian?Sebenarnya Pendapat yang pertama mengenai kata ALIFURU berasal dari bahasa Arab itu Mungkin ada benarnya, kata ALIFURU sebenarnya adalah sebutan untuk merendahkan orang-orang suku asli dan primitive ((ALUNE, WAEMALE, NAULU, HOAULU DLL) yang berada di pulau Seram dan Halmahera oleh Para Pedagang Arab Gujarat dan Bangsa Malayu dan para bangsawan Kerajan Ternate dan Tidore, karena di anggap tidak mengenal dan menyembah Tuhan atau non muslim dan masih hidup dengan keperjayaan roh-roh nenek moyang.

ALIFURU/ALIFORO, dalam bahasa arab Ali (علي) menyembah atau berdoa kepada Tuhan, Furu/Foro (فورو) yang artinya  tidak sama sekali. jadi ALIFURU itu artinya orang-orang yang sama sekali tidak mengenal, menyembah dan berdoa pada Tuhan atau kafir.

sebutan ini trus berlangsung sampai kedatangan bangsa Portugis, Belanda dan sampai indonesia merdeka Bahkan orang-orang lease dan ambon selalu menggunakan kata ALIFURU ini untuk mengucilkan orang-orang yang berasal dari Nusa Ina karena keterbelakangan mereka. bahkan  masih saja di gunakan sebutan ALIFURU BALAKANG TANANG untuk mengucilkan orang-orang berasal dari Nusa Ina.  

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Perselingkuhan semakin menjadi topik yang remai dibicarakan, terutama dengan keberadaan media sosial. Bukan hanya berita terkait perselingkuhan para figur publik, tapi bahkan kasus-kasus yang dialami oleh masyarakat pada umumnya pun bisa segera viral. […]

trackback

[…] JAKARTA,SENAYANEWS.com – Penyidik Kejaksaan Agung RI (Kejagung) akan kembali melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap sejumlah saksi kasus Jiwasraya. Ada delapan saksi yang dijadwalkan diperiksa hari ini. […]