oleh

APD Diimpor dari China Ternyata Buatan Indonesia

SENAYANEWS.com – Pemerintah Indonesia mendatangkan APD (Alat Pelindung Diri) dari China menimbulkan pertanyaan di publik karena sebagian merupakan made in Indonesia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo, menjelaskan soal alat pelindung diri (APD) bantuan dari China yang bertuliskan “Made in Indonesia”.

“Dua hari ini dapat banyak pertanyaan media kenapa APD yang diimport ada tulisan ‘Made in Indonesia’,” kata Agus lewat akun Twitter pribadinya pada Selasa (24 Maret 2020).

Baca juga : Kamrussamad: Ingatkan Menkeu, IMF Beban Sejarah Ekonomi

Agus menjelaskan, meski dibuat di Indonesia, semua bahan baku alat pelindung diri ini berasal dari negara yang memesan seperti China atau Korea. Dia menyebut pabrik di Indonesia hanya menjahit dan merapikan agar siap pakai. Pernah kejadian pihak beacukai menahan APD yang hendak di ekspor kembali ke negara pemesan, setelah proses negosiasi berlangsung akhirnya ada kesepakatan pembagian setengah APD itu diekspor dan sisanya digunakan untuk dalam negeri.

“Itulah kenapa APD yang dipakai made in Indonesia. Bisa jadi APD bantuan China seperti itu juga, jadi jangan heran jika APD bantuan atau beli di Cina tapi made in Indonesia.”

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi turut merespon kemungkinan temuan APD buatan anak bangsa ini.

Baca juga : Ekonomi Bisa memburuk Karena Virus Covid-19

“Bisa saja terjadi seperti itu. APD itu buatan Indonesia. Saat lagi (corona) booming di Wuhan, Indonesia mengekspor ke China,” ujar Tulus

Saat ini kondisinya terbalik makanya China mengembalikan/dijual kembali ke Indonesia.Oleh karena itu Tulus mengaku kecewa dengan tindakan Indonesia saat itu. Menurutnya, pemerintah harus bisa membaca situasi sebelum mengirimkan bantuan alat medis.

“Dalam kondisi normal wajar. Tapi seharusnya Indonesia sudah bisa membaca sikon (situasi dan kondisi). Seharusnya waktu itu tidak diekspor. Tapi prioritas untuk dalam negeri. Karena potensi Indonesia kena sangat besar,” Ucap Tulus.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of