oleh

Dampak Virus Corona, Ini Kata Anggota Komisi XI DPR dan Bank Indonesia

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua orang WNI positif terinfeksi Virus Corona pada Senin kemarin. Korban merupakan seorang Ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun. Menanggapi hal tersebut dan dampaknya bagi ekonomi Indonesia, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra Kamrussamad ikut berkomentar, Kamrussamad mengatakan penghambat terbesar pertumbuhan ekonomi global awal tahun 2020 ini disebabkan wabah Virus Corona, yang melemahkan perekonomian Tiongkok.

Selain itu, efek perang dagang AS-Tiongkok di akhir tahun 2019, ketidakpastian politik, dan pelemahan ekonomi di Jepang dan sejumlah negara Amerika Selatan juga semakin membebani ekonomi dunia.

“Tentu saja Virus Corona berdampak bagi ekonomi Indonesia. Dampak global yang mempengaruhi ekonomi Indonesia,” kata Kamrussamad disela-sela pemberian 200 bantuan bingkisan korban banjir Jakarta Utara dan Jakarta Barat di Rumah Aspirasi Kamrussamad di Jalan Cisanggiri 4 No. 23 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/20). Bingkisan tersebut dari Kamrussamad dan Bank Indonesia diserahkan kepada korban banjir di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

“Harus mempercepat realisasi Kartu Prakerja, penambahan nilai untuk Kartu Sembako, insentif sektor pariwisata hingga sektor perumahan dengan nilai anggaran mendekati Rp10 triliun,” tegasnya.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo mengatakan secara global Virus Corona berdampak secara langsung dan tidak langsung bagi ekonomi Indonesia.

Dikatakan Hamid Ponco, secara global Virus Corona berdampak langsung seperti pariwisata dan perdagangan. Untuk dampak tidak langsung tentunya virus tersebut akan mempengaruhi ekonomi Indonesia juga.

“Dampak langsung Virus Corona mempengaruhi sektor pariwisata dan perdagangan di Indonesia. Dan dampak tidak langsung tentunya akan mempengaruhi ekonomi domestik,” ujarnya.

Dan tentunya, ucap Hamid Ponco, ada beberapa kebijakan Bank Indonesia untuk mengantisipai dampak global Virus Corona.

Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan lima kebijakan baru sebagai langkah mitigasi akibat penyebaran virus corona yang membuat ketidakpastian di pasar keuangan global semakin tinggi. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, ada lima langkah kebijakan lanjutan yang akan dilakukan BI untuk menjaga stabilitas moneter dan pasar keuangan akibat virus corona tersebut.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan kasus virus corona pertama di Indonesia, Senin ( 2/3/20) Ada dua orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.Keduanya merupakan ibu dan anak. […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Perjalanan Sandiaga Uno dalam safari politiknya kini berlabuh di kediaman Dr Dra Hj Popong Otje Djundjunan pada Rabu (4/3/20). […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno dalam paparannya saat menjadi pemateri pada Seminar Nasional dengan tema: “Memaksimalkan Bonus Demografi dan SDM Unggul Untuk Laju Ekonomi Bangsa”. […]