oleh

KAMRUSSAMAD Dan OJK Penyuluhan Waspada Investasi Ilegal di Tengah Covid-19

JAKARTA, Senayanews.com Anggota DPR RI Komisi XI Kamarussamad dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan Program Edukasi Industri Jasa Keuangan  yang mengambil tema Tantangan dan Solusi Industri Jasa Keuangan di Tengah Krisis Covid19 yang digelar di Kantor Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (9/3/20).

Dalam hal ini kamrussamad mengatakan, perlu ada upaya edukasi dan literasi ke masyarakat  untuk ikut serta melawan tawaran investasi ilegal yang merugikan dan meresahkan masyarakat.

Baca juga : Momok Virus Corona, Legislator Gerindra Usul Ada Gerakan Penghematan Nasional

“Di mana kondisi keuangan sekarang semakin sulit, sayang kalau warga jadi korban dari investasi bodong,” ujarnya.

Kamrussamad mengaku salah satu kelemahan yang terjadi saat ini adalah masih diperlukannya terobosan-terobosan OJK dalam menghadapi finansial teknologi yang sangat berkembang saat ini.

“Kita tergolong lambat dalam menyiapkan regulasi sehingga perkembangan digital khususnya finansial teknologi lebih cepat daripada regulasi itu sendiri. Untuk itu kami terus mendorong OJK untuk segera adaptif terhadap tuntutan masyarakat dan perkembangan dunia ekonomi digital undang-undang,” ucap dia.

Baca juga : Dampak Virus Corona, Ini Kata Anggota Komisi XI DPR dan Bank Indonesia

Dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UU OJK), disebutkan wewenang dan tugas OJK adalah mengawasi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di sektor pasar modal, sektor industri keuangan non bank. Seperti  asuransi, dana pensiun, dan perusahaan pembiayaan.


Sejak tahun 2014, OJK juga mengawasi sektor perbankan, meliputi bank umum dan bank perkreditan rakyat.


“Perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi ilegal hampir sebagian besar bukanlah Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Perusahaan tersebut tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan demikian OJK tidak dapat memastikan aspek legalitas dari perusahaan tersebut,” jelas Kamrussamad.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga : KAMRUSSAMAD Dan OJK Penyuluhan Waspada Investasi Ilegal di Tengah Covid-19 […]