oleh

Sandiaga Uno: Pengangguran di Indonesia Lebih Tinggi

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno dalam paparannya saat menjadi pemateri pada Seminar Nasional dengan tema: “Memaksimalkan Bonus Demografi dan SDM Unggul Untuk Laju Ekonomi Bangsa”.

Seminar itu digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung, di Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo, Unisba, Rabu (4//3/20).

Sandiaga Uno juga selaku Founder Young Enterpreuner Summit (YES) dan pemateri.

Baca Juga: Sandiaga Uno Silaturahmi ke Rumah Ceu Popong

Sandi mengatakan, mahasiswa dan mahasiswi harus menatap ke depan untuk membangun bangsa Indonesia. Menurutnya, 17% populasi Indonesia usia 15-24 tahun dan 15% nya usia 15-24 menganggur. Tingkat penggangguran kaum muda di Indonesia, lebih tinggi dari rata rata global.

“Mari mahasiswa mahasiswi, ubah pola pikir. Kita buka jalur atau lahan kerja menjadi enteurpreuner,” ujarnya seraya mengajak mahasiswa dan mahasiswi untuk melihat peluang pekerjaan apa yang akan muncul di era digital.

Sandiaga Uno menuturkan, dengan kemajuan teknologi digital yang kian berkembang saat ini, memberikan peluang besar untuk generasi milenial untuk menciptakan berbagai inovasi guna mewujudkan lapangan pekerjaan baru.

Maka, kondisi ini harus mampu dimanfaatkan secara maksimal. Terlebih, Rasullah telah menjelaskan 9 dari 10 pintu rezeki Allah berasal dari bidang perniagaan.

Baca Juga: Jokowi Gagal Virus Corona Masuk Indonesia

Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa dengan terus beragam kemajuan teknologi dan informasi setiap tahunnya, ILO telah memprediksi lebih dari 60 persen pekerjaan tetap di tanah air beresiko akan tergantikan oleh robot atau mesin dengan kempuan artificial intelegent, dan 42 persen diantaranya berpotensi terotomatisasi.

“Peluang bonus demografi ini harus dapat kita maksimalkan sebaik mungkin karena waktu kita hanya tinggal sekitar 10-15 tahun lagi, jangan sampai kita tuir (tua) sebelum tajir (kaya) karena menyianyiakan peluang itu. Maka dari itu mari kita merubah pola pikir, jangan lagi berharap menjadi seorang pekerja tetapi mari kita menjadi seorang enterpreneur dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi,” ucapnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of