oleh

4 Gunung di Indonesia Erupsi, Ini Pejelasannya

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Empat gunung terpantau erupsi hari ini, Sabtu (11/4/20). Dilihat dari peta Magma Indonesia, tampak Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Anak Krakatau dan Gunung Kerinci mengeluarkan magma.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Kasbani mengatakan, erupsi yang terjadi di Gunung Merapi sudah terjadi sejak kemarin, Jumat (10/4/20).

Gunung Merapi yang erupsi pada 10 April 2020 pukul 09.10 WIB. Di laporkan, Merapi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 3.000 meter di atas puncak atau 5.968 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi ± 1 menit 43 detik.

Baca Juga : Pemerintah Ganggu THR dan Gaji ASN!

Sementara,  Gunung Anak Krakatau juga erupsi sejak kemarin malam, pukul 22.35 WIBErupsi Gunung Anak Krakatau melontarkan kolom abu hingga 500 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi ± 38 menit 4 detik.

Dari pantauan PVMBG terlihat bahwa letusan terus berlangsung sampai Sabtu pagi (11/4/20) pada pukul 05.44 WIB.

“Letusan terjadi hingga pagi ini,” kata Kasbani kepada Wartawan, di Jakarta, Sabtu (11/4/20).

Kasbani mengatakan, erupsi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau ini bersifat strombolian, artinya, letusannya sangat kecil dan terus menerus. “Makannya Krakatau ini level II,” ujar dia.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Pengamat ekonomi Said Didu kembali mendapatkan dukungan dari elemen masyarakat setelah beberapa hari lalu digugat oleh Menko Maritim Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. […]