oleh

Surat Terbuka Sandi Untuk UMKM Di Tenggah Wabah Virus Corona

Jakarta Senayanews.com Mantan wakil Gubenur DkI Jakarta Sandiaga salahudin Uno menyampaikan surat terbuka pada semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air yang sedang di guncang pandemi virus corona.

Dalam surat terbuka berbentuk video itu, Sandiaga mengatakan pandemi corona merupakan salah satu krisis yang harus dihadapi pelaku usaha termasuk oleh UMKM.

kerugian adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari pelaku usaha saat pandemi global ini. “Setiap krisis adalah ujian nyata bagi setiap pengusaha. Percayalah karena saya juga pernah mengalaminya di tahun 1997 dan 1998,” cerita Sandiaga Uno dalam video tersebut.

Baca juga :Mulai 12 April Pengguna Angkutan Umum Wajib Pakai Masker

Menyemangati UMKM, Sandiaga menuturkan bahwa jika hari ini dokter perawat dan tenaga medis menjadi pahlawan dalam menghadapi pandemi, maka pelaku UMKM bisa menjadi pahlawan yang akan membangkitkan kembali roda perekonomian.

“Rekan-rekan bertahanlah, Insha Allah setelah pandemi ini kita akan menjadi pemenang,” ujarnya.

sandiaga menyatakan bahwa UMKM merupakan sektor paling terdampak saat pandemi virus corona atau Covid-19.

“Sebanyak 65 juta lebih unit usaha termasuk UMKM, 99 persen lebih dari 60 persen GDP disumbangkan oleh UMKM. Jadi yang harus menjadi fokus utama dalam penyelamatan ekonomi mestinya UMKM,” kata Sandiaga melalui diskusi virtual Minggu (5/4/20).

Baca juga : Kamrussamad Wanti-Wanti Kasus BLBI Terulang Pada Perppu Corona

Dia menceritakan, bahwa ada pelaku UMKM yang mengaku omzetnya turun hingga 100 persen dalam dua minggu terakhir. Sehingga hal tersebut menunjukkan tekanan yang luar biasa bagi ekonomi kerakyatan tersebut.

Sandiaga mengatakan jenis usaha UMKM sebagian besar menjalankan kegiatan secara harian. Oleh karena itu, penyaluran uang tunai melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT ) harus segera disalurkan, dan itu akan mempercepat pemulihan dari dampak Covid-19.

“Karena begitu masyarakat memiliki akses ke uang tunai mereka akan mendorong konsumsi mereka dan akan berdampak ke UMKM,” ujarnya.

Baca juga : Tenaga Medis di Bondowoso Positif Corona

Dia pun meminta kepada pelaku usaha UMKM harus dapat beradaptasi kondisi saat ini. Sebab dari sejumlah prakiraan dampak dari penyebaran virus corona bagi sektor ini masih akan terasa hingga tiga bulan ke depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of